Tags

, , , , , , , , , ,

Apa yang akan Anda lakukan bila ada pembuntuan jalan?
Di banyak tempat di Surabaya, hal semacam ini dilakukan saat warga suatu kampung atau kelurahan tertentu mempunyai agenda. Misalnya saat ada pasar malam dimana ada orang-orang berjualan dengan meriahnya. Namun hal semacam ini biasanya telah tampak dari jauh sehingga Sewa Rental Mobil Xpander di Surabaya bisa mencari jalan alternatif lain. Jika tidak menemukan, ada kalanya penyelenggara membuat papan petunjuk untuk bisa dilewati kendaraan, khususnya mobil. Karena jika tidak demikian, pasti akan mencari jalan memutar. Kebetulan kegiatan semacam ini beberapa kali digelar sehingga tak terlalu mengagetkan Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya. Hanya, memang kami perlu mengambil jalan alternatif lain yang bisa dilewati.

architecture-1835112_640

Di Surabaya dan kota lain banyak mempunyai percabangan jalan, jadi ketika lalin terhambat di satu titik, kita dapat menggunakan jalan lain. Sumber: Pixabay/Pexels

Di beberapa tempat lain (masih area Surabaya—namun di pinggiran), acara kampung semacam ini biasa digelar di lapangan setempat, atau jalan yang tidak termasuk strategis. Sementara di pusat kota hampir tak dijumpai acara sejenis. Masalah utamanya adalah jika letak tujuan tamu berada di tengah jalan atau di seberang jalan yang tertutup itu dan mesti berputar arah. Tapi memang ada percabangan jalan yang banyak di Surabaya sehingga hal ini tak terlalu merisaukan; berbeda jika misalnya Sewa Rental Honda Mobilio di Surabaya harus mengantar tamu ke luar kota. Di pusat kotanya memang ada banyak percabangan juga, namun untuk menuju ke sana sering hanya bisa ditempuh melalui jalan tertentu yang terkadang hanya dikondisikan satu arah. Dengan adanya pembukaan jalan-jalan baru, maka jalan alternatif pun akan semakin banyak.

Seperti kawasan porong bagian arus Surabaya-Malang yang beberapa waktu lalu mengalami banjir parah. Namun pengendara pun masih bisa melewati tol atau jalan lain. Hanya, kesediaan melewati tol ini agaknya menjadi satu kesepakatan lain dengan tamu konsumen karena ongkos masuk tol dibayar oleh tamu Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya. Banyak tamu memilih jalan alternatif ini juga disebabkan lebih cepat waktu tempuhnya, tak terlalu ribet dengan kemacetan di tiap persimpangan, dan pastinya akan lebih efisien secara keseluruhan; kemungkinannya tak akan menambah biaya overtime karena penggunaan yang tak melebihi jam yang seharusnya.
Dan banjir seperti ini pun masih dijumpai di kawasan dekat kantor Sewa Rental Mobil Innova di Surabaya beberapa waktu lalu. Jadi ketimbang pasrah dan membiarkan air masuk kabin mending memilih mengambil jalan memutar.

Namun kondisi di lapangan yang kadang ditemui Rental Sewa Pickup GrandMax di Surabaya mungkin seperti ini juga: http://kelanakota.suarasurabaya.net/news/2017/185275-Jembatan-Jong-Biru-Ambrol,-Ini-Kata-Wabup-Kediri. Kondisi jalanan yang lumpuh disebabkan jembatan rusak begini beberapa waktu lalu juga menimpa jembatan di Lamongan, yang saat artikel ini ditulis telah berfungsi kembali: https://www.merdeka.com/uang/menteri-basuki-perbaikan-jembatan-lamongan-rampung-sebelum-mudik-lebaran.html. Memang ada jalur alternatif lain yang dapat ditempuh, namun mesti berputar jauh. Dan keadaan demikian ini mungkin serupa dengan sepinya jalur feri Madura-Surabaya pasca pembukaan Suramadu, meski demikian saat ini ada banyak orang yang kembali menggunakan jalur kapal feri terutama mereka yang bermukim/tinggal lebih dekat dengan pelabuhan Tanjung Perak/Kamal. Tak hanya kerusakan prasarana saja, karena sebuah kecelakaan pun dapat membuat kepadatan dan kemacetan di suatu jalan seperti contoh berikut: https://bit.ly/2P1iyOn. Bagi yang baru berada di persimpangan menuju jalan tadi mungkin bisa mengambil jalur lain, namun bagi mereka yang telah berada di jalur tadi agaknya harus ‘pasrah’ disebabkan jauhnya jarak putar balik atau ruang untuk melakukan U-turn terlalu sempit; khususnya untuk trailer atau bus dan kendaraan panjang lain.

Di sisi lain, teknologi saat ini memang memungkinkan orang untuk ‘menengok’ sejenak kepadatan suatu jalan dan mencari jalur alternatif tanpa harus terlebih dulu melalui jalan tadi. Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya sendiri terbantu dengan teknologi semacam ini, meskipun demikian kita menyadari tak setiap pengendara mau tergantung pada alat—karena ada beberapa kasus yang bahkan kondisinya cenderung ‘menipu’ antara yang nampak pada peta dan realita; dan sebagian pengemudi juga tak mempunyai ponsel pintar atau peralatan untuk mengaksesnya.

Yang sering digunakan oleh Rental Sewa Mobil di Surabaya Barat di luar operasional misalnya pada Google Maps dan Waze yang menyediakan fitur ‘live traffic‘, walaupun prakiraan kondisinya tidak merata di semua jalan. Apalagi kita sering tidak menemukan sinyal ponsel di lokasi-lokasi tertentu untuk mengakses peta tadi.
Namun kabar baiknya, teknologi tadi bukan satu-satunya yang dapat digunakan sebagai referensi untuk menempuh tujuan. Saat ini ada peran komunitas media sosial yang bahu-membahu melaporkan kondisi lalin di sekitarnya. Tidak membutuhkan sinyal ponsel tetapi gelombang radio. Sewa Rental Mobil Plus di Surabaya melihat pesawat radio ini ‘lebih membumi’ di banyak kendaraan sebagai ‘perangkat independen’. Seringnya yang menjadi acuan sopir adalah radio Suara Surabaya yang mempunyai kerjasama dengan beberapa radio lain (serta komunitas pendengar) dalam pencarian update kondisi di lapangan, namun di Surabaya radio tadi bukan satu-satunya. Ada beberapa radio lain yang bekerjasama dengan sukarelawan pendengarnya (berdasar laporan) dalam memberitakan kondisi di sekitarnya.