Tags

, , , , , , , , , , , , , , , , ,

Jika kita amati, kebanyakan produk otomotif yang banyak berkeliaran di Indonesia adalah produk buatan Jepang. Armada Sewa Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya sendiri mayoritas juga diperkuat oleh merek Jepang. Hal ini bisa berarti banyak hal.
1. Model dari merek Jepang lebih disukai
2. Faktor harga
3. Kelengkapan, suku cadang serta purna jual
4. Standar yang kurang lebih sesuai dengan Indonesia
dan lain sebagainya.

640px-bmw_e90_kirrinsannassa_2

Sebuah mobil keluaran produsen BMW, Jerman. sumber: commons.wikimedia.org/kallerna

Yang dilakukan oleh umumnya masyarakat Indonesia adalah ‘cari aman’. Seperti yang bisa dibaca pada referensi Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya ini: http://www.jawapos.com/read/2016/04/15/23980/mobil-murah-paling-dicari. Secara fakta, hanya ada beberapa pabrik perakitan mobil di Indonesia. Ada yang malah dikabarkan hengkang dari Indonesia karena kondisinya tidak memungkinkan untuk menutup biaya operasional. Tetapi, hal seperti ini sama saja mengorbankan pembeli dan calonnya. Karena jika Sewa Rental Mobil Pregio di Surabaya dan kita semua melihat lebih dalam, pabrikan Jepang pun tak sebentar dalam mengenalkan produk mereka di Indonesia. Dari halaman berikut ini kita juga melihat data tentang ketenaran merk Jepang di Indonesia: http://4muda.com/10-mobil-paling-populer-di-indonesia/. Meski kita juga melihat adanya merk lain yang familiar bagi masyarakat Indonesia yakni BMW yang berasal dari Jerman dan KIA yang merupakan merek Korea.

Dan dari referensi Rental Sewa Mobil Pregio di Surabaya pada halaman berikut ini pun diketahui juga bahwa konsumen Indonesia lebih condong untuk positif kepada merek Jepang ketimbang Cina: https://id.wikipedia.org/wiki/Industri_otomotif_di_Jepang. Yakni dari standar kualitas, mobil buatan Jepang masih lebih baik. Apalagi jika kita melihat adanya pemberitaan negatif tentang adanya bus Trans Jakarta yang berkarat meski masih baru, agaknya membuat kepercayaan terhadap produk otomotif Cina juga menurun.

640px-geneva_motorshow_2013_-_suzuki_sx4_olive

Salah satu produk dari merek yang cukup dikenal di Indonesia: Suzuki. Merek ini juga mempunyai sepeda motor yang cukup laris penjualannya. sumber: commons.wikimedia.org/Clément Bucco-Lechat

Bukan karena kasus sekali ini saja produk Cina tidak dipercaya. Jauh sebelum bus Trans Jakarta yang diimpor dari Cina pun ada kasus mocin (motor Cina) yang harganya mempunyai selisih cukup lumayan dibawah motor Jepang. Tapi strategi tersebut toh tidak bisa membuat banyak merek bertahan. Rental Sewa Mobil Avanza di Surabaya pun mendapati agen penjualnya tutup satu persatu. Merek Jepang pun kembali meraih konsumen Indonesia lagi. Tentang merek mobilnya sendiri, agaknya Cina juga kurang begitu bisa menancapkan kukunya di benak pikiran masyarakat Indonesia, karena Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat tidak sering berpapasan dengan pemiliknya saat beroperasi di jalan.

Di sisi lain, meski standar harga mobil dari produsen Eropa terbilang cukup mahal, tetapi Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya masih sering menjumpai penampakan dari beberapa armada yang terbilang cukup dikenal. Antara lain BMW, Mercedes Benz, Volkswagen, Opel, Peugeot, bahkan Porsche. Nampaknya pemilik pundi-pundi di Indonesia masih cukup selektif dalam membelanjakan uangnya untuk membeli sesuatu demi pemenuhan kebutuhannya. Di jajaran motor, merek Piaggio (vespa) atau Harley Davidson pun agaknya cocok memasyarakat di Indonesia. Walaupun kita tahu agen resmi satu-satunya untuk penjualan Harley Davidson memilih menutup usahanya dengan sebelumnya memberi diskon yang lumayan tinggi. Selama ada janji terkait kualitas pada promosi suatu barang dan itu terbukti, bukan tidak mungkin produk tersebut akan dilirik orang dan menjadikannya pilihan saat melakukan pembelian berikutnya.

Advertisements