Tags

, , , , , , , , , ,

Pohon yang menghiasi sekitar jalan memang merupakan bagian dari jalur hijau yang mempunyai tujuan khusus terkait penyegaran atau relaksasi bagi mata pengguna jalan dan menyerap atau menghalau pencemaran udara. Tapi sebagai bagian dari bagian jalan, pohon yang tumbuh di sepanjang jalan juga mempunyai bahayanya sendiri.
Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya mengambil referensi berikut untuk salah satu bahayanya: http://kendaripos.co.id/2015/12/hati-hati-ya-ada-tiang-listrik-dan-pohon-di-tengah-jalan/. Pohon dan tiang listrik pada berita tersebut adalah imbas dari pelebaran jalan yang dilakukan. Pohon yang tadinya berada di pinggir jalan jadi terletak di tengah jalan. Tapi keanehan berita tersebut adalah mengapa pohon tersebut tidak ditebang saja. Jika penebangan akan mengganggu kabel-kabel maka sebelum pembangunan jalan mungkin perlu dikoordinasikan sebelumnya agar pemakai jalan tidak terkena dampaknya. Namun kalau memang telah terjadi yang seperti ini, hal yang harus dilakukan adalah meningkatkan kadar waspada saja ^_^

640px-road_tree_provence

Pohon di tepi jalanan yang ikut memperkuat panorama rindang. image: commons.wikimedia.org/Dmytro Ivashchenko

Rental Mobil Pregio di Surabaya menjumpai hal ini juga saat pembangunan frontage road Ahmad Yani Surabaya. Saat itu ada tiang listrik yang sempat berada di tengah jalan depan RSAL Dr Ramelan Surabaya. Memang tak ada pohon yang cukup besar di dekat rumkital situ (karena merupakan lahan di sekitar rel KA), kecuali yang bagian selatan yang asal mulanya tak dilalui jalan kendaraan. Jika pohon dengan mudah dapat disingkirkan dan ditebang, maka tidak demikian dengan tiang listrik yang perlu koordinasi sebelumnya dikarenakan bisa mengacau kebutuhan listrik di sekitarnya dan perlu pemadaman terlebih dulu.

Tapi masalah tersebut bukan satu-satunya yang bisa terjadi pada bagian dari sistem lalu lintas bernama jalan. Pada referensi artikel Sewa Mobil Innova di Surabaya: http://www.otosia.com/berita/pohon-di-pinggir-jalan-ini-tiba-tiba-roboh-menimpa-mobil.html atau http://otomotif.liputan6.com/read/2061456/sportcar-toyota-seharga-rp-177-miliar-ini-hancur-tertimpa-pohon, malah mengganggu dan merusak mobil di sekitarnya. Mengapa pohon tersebut tiba-tiba roboh juga tak diketahui. Karena jika disebabkan oleh angin, pastinya akan menimpa pohon-pohon di sebelahnya pula.

Yang pasti, pemilihan pohon di sekitar jalan mungkin sudah dipertimbangkan jenis dan daya tahannya. Seperti cukup menyerap karbon CO2nya, tidak memiliki akar merusak bangunan sekitarnya (yang mungkin akan merusak jalan) dan lain-lain. Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya mengambil referensi dari laman berikut: http://www.mitrabibit.com/2014/02/jenis-jenis-pohon-yang-biasa-ditanam.html. Sedangkan menurut laman berikut: http://lapakfjbku.com/13-jenis-pohon-untuk-penghijauan dan wikipedia, pohon bambu diketahui menyerap karbon lebih banyak, tetapi karena sifat tanamannya yang berumpun dan cepat tumbuhnya (hingga sampai 60cm/hari) tentu akan merepotkan pada pemeliharaannya dan tak cocok untuk jalur hijau di perkotaan.

Di lain pihak, kita juga perlu waspada akan pohon-pohon jika usianya sudah tua karena mudah rapuh atau keropos. Seperti pohon yang roboh di Kebun Raya Bogor: http://www.fahutanipb.com/2015/11/04/ipb-minta-pemkot-bogor-deteksi-pohon-keropos/. Tapi berdasar artikel tersebut, ngeri juga melihat kenyataan bahwa alat pendeteksi pohon keropos ini adalah satu-satunya di Indonesia yang didatangkan dari Jerman. Padahal di Indonesia ada ratusan kota dengan milyaran pohon tumbuh di tempat umum. Pohon yang keropos inipun secara kasat mata terlihat sehat dan tumbuh baik.

Sebagai sebuah makhluk hidup, pohon juga butuh dicukupi nutrisi dan kebutuhan hidupnya. Meski kebutuhan pohon tidak mirip dengan kebutuhan hewan yang perlu makan banyak perharinya. Yang sering terlihat dari keseharian operasional perkotaan tempat markas Sewa Mobil Avanza di Surabaya, dinas pertamanan kota selalu mencukupi pengairan pohon-pohon tersebut. Tapi merunut berita lama dimana ada penelitian di kebun binatang Surabaya dimana pohon yang dekat dengan jalan raya lebih cepat menguning daun-daunnya, dan makin ke dalam makin ringan gejalanya, maka mungkin kita juga perlu mencermati bahwa ada hasil dari gas buang selain CO2 yang juga berpengaruh pada kehidupan sebuah pohon. Belum lagi akan datangnya hama pengganggu yang merusak macam jamur atau rayap yang juga mengincar pohon seperti yang bisa dibaca dari tautan tadi.

Dan jika kita mencermati, mungkin ada kebiasaan di kalangan sopir bahwa ada semacam “kode tak tertulis” ketika mobil yang dikemudikannya bermasalah, yaitu memberi ranting pohon yang diselipkan sesuatu pada bagian belakang mobil tersebut. Fenomena ini cukup merata dan sering ditemui kala kita menyusur jalan dimana pun.

Pemandangan yang menyegarkan mata memang menyenangkan untuk mengusir kejenuhan bagi sopir Rental Mobil Surabaya. Jadi kami hanya bisa berharap adanya penataan dan manajemen yang semakin baik atas penghijauan tersebut. Karena subur dan rindangnya taman kota serta jalur hijau di dalamnya bukan hanya dinikmati oleh Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya saja, tetapi oleh penduduk Indonesia yang menempati atau kebetulan singgah dan melewati kota tersebut.

Advertisements