Tags

, , , , , , , , , , , , , , ,

Wow. Dunia teknologi semakin menarik saja. Sewa Mobil Surabaya mendapati kabar menarik pada dunia otomotif pun akhirnya memanfaatkan teknologi 3D printing. Sebenarnya apakah 3D printing itu? 3D printing adalah cara pencetakan suatu objek (benda) dengan cara membuat modelnya terlebih dulu pada software model 3D. Kemudian, model yang berhasil dibuat ini dicetak dengan printer 3D. Karena awalnya kita harus membuat dokumen yang berisi bentuk model 3D; yang secara sederhana mirip seperti jika kita membuat bangun/gambar pada software 2D (atau pengolah kata seperti Word) yang lalu dicetak dengan printer kertas.

Strati. Mobil hasil printing 3D pertama di dunia. Image: gizmags.com/localmotors.com

Ketika kita melihat sebuah mobil, apakah yang akan kita rasakan saat pertama kali melihatnya? Apakah mobil tersebut merupakan suatu kesatuan yang utuh seperti halnya kita melihat guci dari tanah liat, ataukah seperti ini: mobil tersebut merupakan gabungan dari berbagai komponen yang kecil-kecil hingga besar yang disatukan oleh kerangka dasar?

Yang pasti sebagian besar orang akan merujuk yang kedua sebagai bayangan yang tepat.

Tapi, nanti dulu… hasil dari pencetakan 3D ini ternyata mirip dengan yang bayangan pertama yang telah disebutkan tadi. Bodi mobil terlihat berkumpul menjadi satu, dengan satu komponen bodi yang besar dengan beberapa bagian bergerak yang umum: dashboard dengan kemudi dan panelnya, roda, mesin serta komponen mekanik lain. Yang membuat kita harus hati-hati: bahan mobil ini adalah terbuat dari black plastic yang telah diperkuat oleh carbon fiber. Jika kita tahu sifat dari bahan ini adalah bila terbakar langsung habis tanpa ada sisa dibandingkan bahan logam seperti pada mobil biasanya. Belum lagi kalau terjadi kecelakaan mobil seperti tabrakan, atau lecet karena tergores sesuatu. Bagaimana cara menambalnya? Karena bodi mobil menyatu bagaikan guci yang terbuat dari tanah liat.

Strati, saat dikendarai. Image: Mashable.com/Localmotors.com

Sejak dulu, manusia selalu mencari apa yang terlihat eksklusif. Dari segi fungsi, dia jelas fungsional karena dapat dioperasikan sedemikian rupa. Dari segi estetika, dia terlihat menonjol dan berbeda dengan “teman-temannya” yang sesama pemilik mobil.
Tapi, hendaknya juga melihat karakter pengemudi di Indonesia. Rental Mobil Murah di Surabaya mengamati bahwa ada banyak kelemahan dimana pemilik mobil kadang akan menjadi pihak yang “disalahkan” dalam kecelakaan melawan pengendara yang “lemah”. Bisa jadi tak ada posisi menguntungkan pada pemilik mobil mahal meski pengendara lain yang terlibat tabrakan itu andaikata tak ada saksi mata. Dan bila ada suatu kecelakaan yang mengakibatkan mobil spesial seperti ini, ongkos pembenahannya akan melangit (karena kalau kita melihat video pembuatannya) karena material penyusunannya bukan berupa lempengan meski terbuat dari bahan yang ringan.

Pada suatu kasus kecelakaan mobil, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya mencermati kerusakan yang ditimbulkan. Bila sampai menggores banyak, sangat mungkin akan melangit. Karena meski Sewa Mobil Elf di Surabaya hanya melakukan semprot cat saja, ongkosnya sebanding dengan ketelitian yang dilakukan. Apalagi bila terjadi penyok. Dan untuk bahan yang tidak umum seperti mobil hasil printingan ini, kemungkinannya tidak bisa dilakukan perbaikannya dengan cara biasa.

Jadi, suatu bisnis seperti Rental Mobil Surabaya memperhitungkan bagaimana kondisi lingkungan pula. Karena lingkungan yang kacau dalam berlalu-lintas, akan riskan pula pada imbasnya pada armada yang digunakan. Dan hitung-hitungannya akan berat di ongkos. Jika Anda melihat Harga Sewa Mobil Surabaya yang kompetitif, tentunya akan lebih baik jika Rental Mobil Pregio di Surabaya menggunakan armada mobil umum saja. Karena tidak mungkin mengambil untung sekian ribu tapi kerugiannya sekian juta. Mengapa bisa begitu? Alasannya ada paragraf sebelumnya tadi. Apakah pengemudi liar itu sanggup untuk mengganti kerugiannya? Karena sopir kami selaku pekerja yang baik tentunya akan ekstra hati-hati dalam mengendarai supaya tak ada masalah, mengingat harga perbaikan body repair yang bisa jadi akan seharga seluruh gajinya. Begitu bukan?

Advertisements