Tags

, , , , , , , , , , , , , ,

Dalam artikel sebelumnya Rental Mobil Murah di Surabaya telah mengetengahkan beberapa hal tentang polusi. Sedangkan pada artikel ini Sewa Mobil Pregio di Surabaya akan berfokus pada polusi suara yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor, terutama mobil. Dan, berbicara masalah polusi suara; Data WHO menyebutkan bahwa tahun 1998 terdapat 250 juta penderita gangguan pendengaran dimana 50 persen diantaranya berada di Asia. Maka, ini adalah masalah serius. Efek yang ditimbulkan dari gangguan suara ini antara lain adalah dapat menyebabkan rasa stres, mudah marah, tekanan darah tinggi, meningkatkan kerja hati, menghambat penyerapan kulit dan tekanan kerangka otot, berubahnya sistem pencernaan/sistem kelenjar penanda zat kimia dalam tubuh serta efek keseimbangan organ, serangan jantung bahkan ketulian.

"AVONDALE SHIPYARD WORKER WEARS SPECIAL EAR MUFFS FOR PROTECTION FROM THE HEAVY LEVEL OF INDUSTRIAL NOISE POLLUTION - NARA - 546041" by Messina, John, 1940-, Photographer (NARA record: 8464458) . Licensed under Public domain via Wikimedia Commons.

Seorang pekerja menutup telinganya untuk menghindari polusi suara. image: wiki commons

 

Batas tertinggi yang dapat ditoleransi untuk manusia di lingkungan yang sehat adalah 70 desibel. Maka, hati-hati pula bila Anda terpapar atau berada di lingkungan yang mempunyai paparan suara lebih tinggi dari batas ambang yang sehat. Tim ahli THT dari Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo mengadakan penelitian tingkat kebisingan pada 25 titik yang mencapai 80 desibel. Penelitian ini juga menemukan gangguan pendengaran pada sekitar 10,7 persen polisi lalu lintas, tukang parkir, hingga pedagang asongan dan kaki lima yang sering terpapar oleh kebisingan di daerah-daerah itu. Ketika gangguan pendengaran menyerang, mayoritas orang yang diteliti oleh para ahli dari Harvard tidak mampu mendengar suara pada tingkatan 16-24 desibel atau setara dengan bisikan atau gemerisik daun. Biasanya orang akan baru sadar akan gangguan pendengaran ini setelah kurang dapat mendengar percakapan orang-orang sekitarnya.

Bagaimana cara mendeteksi polusi suara? Salah satu yang dikenal oleh masyarakat adalah sound level meter, selama 10 menit dengan rentang waktu pembacaan lima menit.

Pendeteksi suara. Image: wiki commons

Ketika kita bicara mobil, ada satu keistimewaan padanya yang tidak ditemukan pada kendaraan darat lain. Terutama untuk penggunaan privat. Yaitu musik yang diputar kencang-kencang. Bagaimanapun dia dipasang, ruangan dalam mobil tidak dirancang untuk tertutup rapat tanpa sekat; apalagi untuk kendaraan penumpang macam hatchback, city car atau SUV. Sehingga, tak ada komponen yang benar-benar bisa meredam musik yang hingar-bingar di dalam kendaraan. Lain di musik, lain pula di klakson. Seorang pakar teknologi India pun merancang detektor (dan ditempatkan pada beberapa mobil) untuk meredam klakson yang sering berbunyi, yang menurut laporan sampai berhasil direduksi 61%. Banyaknya pemencetan klakson diawali dari sikap dan emosional pengendara saat mengemudi; yang biasanya didahului oleh sikap saling serobot, atau sesuatu yang merintangi jalan terlalu lama. Bahkan kadang, sikap ini berakibat pula pada kejadian baku-hantam.

Sementara itu, kita bisa mencermati pasal 58 dari UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan digunakan untuk mengganjar mereka yang memakai aksesoris berlebihan: “Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan dilarang memasang perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas.“;
serta pasal 48 ayat (1): “Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan harus memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan“;
dan ayat (3): “Persyaratan laik jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditentukan oleh kinerja minimal Kendaraan Bermotor yang diukur sekurang-kurangnya terdiri atas:
a. emisi gas buang;
b. kebisingan suara;
c. efisiensi sistem rem utama;
d. efisiensi sistem rem parkir;
e. kincup roda depan;
f. suara klakson;
g. daya pancar dan arah sinar lampu utama;
h. radius putar;
i. akurasi alat penunjuk kecepatan;
j. kesesuaian kinerja roda dan kondisi ban; dan
k. kesesuaian daya mesin penggerak terhadap berat kendaraan.

Tapi untuk polusi suara sebetulnya merujuk pada Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup yaitu Nomor 07 tahun 2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru. Dimana batas ini juga diterapkan oleh pabrikan kendaraan bermotor. Jadi, sebenarnya akan lebih aman buat kita jika mengikuti “standar pabrik” pada kendaraan kita, seperti yang dilakukan oleh Rental Mobil Avanza di Surabaya. Lagipula, akan sangat riskan untuk menyimpang (atau melanggar) bila kita mengganti komponen di luar standar pabrik yang lebih teruji, kecuali masih dalam batas “standar” yang telah ditetapkan. Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya melihat, ada banyak pelanggaran di masyarakat yang berhubungan dengan salah peruntukan. Misalnya, aksesoris yang seharusnya difungsikan hanya untuk kendaraan di sirkuit tertutup (racing/balapan) tetapi malah digunakan di jalan raya. Mengapa aksesoris itu dibuat berbeda? Bisa jadi kalau di sirkuit para pebalap akan adu kecepatan, jadi semua kelengkapan kendaraan akan dibuat supaya mendukung tujuan semula yaitu tingkat kecepatan atau ‘kegarangan’ ini.

Namun, Rental Mobil di Surabaya masih menjumpai aturan ini masih cenderung “longgar” karena adanya moge yang mempunyai batas lebih dari 90 desibel (lebih dari 20 angka dari ambang batas normal untuk kesehatan).

Terdapat sanksi pula untuk pelanggaran yang berkaitan dengan polusi dan ketidaksesuaian kendaraan dengan standar: “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 58 dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).
Namun, untuk ukuran sekarang sepertinya uang tersebut terlalu murah; karena banyak aksesoris yang beredar di pasaran yang melebihi angka tersebut. Hanya saja, Rental Mobil di Surabaya masih melihat hukuman yang impas dan cukup membuat jera bila yang diterapkan adalah hukuman kurungan.

Kesimpulannya, bila Anda mau cari aman dan sesuai dengan perundangan yang tidak beresiko menimbulkan masalah; Rental Mobil Murah di Surabaya menyarankan supaya semua kelengkapan dan segala sesuatunya sesuai dengan standar pabrik. Atau bila Anda ingin “tampil beda” (pada umumnya orang akan gatal jika barang miliknya sama dengan yang dimiliki kebanyakan orang, apalagi bila punya uang), pilihlah aksesoris yang masih dalam batas kewajaran; Selain karena rawan menimbulkan polusi, Sewa Mobil Surabaya melihat hal ini akan meminimalisir timbulnya keributan dengan orang lain karena gangguan yang timbul.

Advertisements