Tags

, , , , , , , , , , , , , ,

Polusi pada angkutan umum kendaraan bermotor. Image: republika.co.id

Polusi: apakah arti kata ini? Polusi bisa juga berarti pencemaran. Pencemaran bisa berarti berubahnya komposisi sesuatu/zat/kondisi melalui atau karena suatu perlakuan yang negatif sehingga tidak berfungsi/digunakan lagi seperti yang seharusnya. Pencemaran bisa berimbas pada macam-macam, tapi semuanya berujung pada kegagalan sesuatu/zat tersebut untuk digunakan sebagai mana mestinya. Beberapa contoh hal yang terkategori pencemaran antara lain: ada pencemaran air, udara, tanah, suara, atau dari sisi humanisme: pencemaran nama baik ^_^.

Sumber-sumber pencemaran air biasanya melalui limbah industri atau rumah tangga. Sedangkan sumber pencemaran udara adalah melalui gas karbonmonoksida atau gas beracun lainnya yang membahayakan pernafasan makhluk hidup (terutama hewan dan manusia). Tercemarnya tanah biasanya karena tanah tersebut tidak baik untuk pertumbuhan tanaman, karena unsur hara yang hilang terganti dengan bahan kimia (misalnya insektisida yang berlebihan), atau yang beberapa waktu lalu terjadi di Negara Jepang: limbah nuklir. Semakin berkembangnya teknologi meningkatkan pula kadar pencemaran suara: kebisingan intensitas tinggi yang biasanya terjadi di pabrik-pabrik, jalan raya, pengeboran/proyek pembangunan gedung dan lain sebagainya.

Namun kita juga pernah menjumpai adanya istilah “pencemaran logam berat“. Apakah itu? pencemaran logam berat ini adalah istilah salah kaprah sebenarnya. Yang tercemar atau terimbas bukannya “logam berat”, tetapi “logam berat” ini adalah justru merupakan sumber pencemarnya. Pembetulannya: Pencemaran oleh Logam Berat. Logam berat ini meracuni apa saja: air, tanah, udara yang tentunya akan berakibat fatal pada makhluk hidup. Misalnya saja, limbah merkuri yang biasanya digunakan untuk pertambangan tradisional; atau bahkan yang terjadi secara alami, macam aktivitas gunung merapi. Semuanya yang tercemar ini bisa saling mempengaruhi: udara dan air yang meresap ke tanah, atau tanah bisa tergerus air ataupun tanah yang bisa terlontar ke udara macam angin puting beliung dan lainnya sehingga pencemaran ini bisa menjadi kompleks.

Sementara mobil sebagai kendaraan yang didukung oleh mesin bermotor serta membutuhkan sumber bahan bakar, menyumbang asap kendaraan karbondioksida dan karbonmonoksida karena proses pembakaran bahan bakar di ruang mesin. Rental Mobil Avanza di Surabaya menemukan bahwa ternyata juga ada sumber polusi lain yang tidak dapat diremehkan begitu saja, yaitu sisa bahan bakar hasil dari pembakaran yang tidak sempurna. Dari sumber yang berhasil Sewa Mobil Murah di Surabaya himpun, polusi ini lebih parah dihasilkan oleh mesin motor 2 tak dibandingkan dengan truk diesel. Campuran hasil dari pembakaran yang tidak sempurna berpadu udara di atmosfer akan membuat sesak dan penyakit pada jantung atau paru-paru.

Sebagai sebuah usaha, Fortune Rent Car – Sewa Mobil Elf di Surabaya akan mengoptimalkan penggunaan bahan bakar sehingga lebih efisien dari sisi penggunaan dan ramah lingkungan pada gas buang, karena ketidakefisienan adalah kerugian, meski sedikit. Begitupun masalah polusi suara. Modifikasi tidak pernah dilakukan pada armada Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya, sepanjang itu tidak berakibat baik bagi sisi operasionalnya. Apa yang dilihat adalah standar pabrik. Pabrik industri otomotif sekiranya telah mendesain dan memperhitungkan semuanya secara computerized dan membuat prototipenya sebelum dilempar ke pasaran. Tentunya, dengan pertimbangan ini Sewa Mobil Surabaya lebih mengkondisikan mobil sesuai dengan factory setting atau awalnya saja, karena apa yang cocok buat Rental Mobil Pregio di Surabaya belum tentu cocok bagi penumpang atau calon konsumennya. Apalagi sampai modifikasi knalpot atau audio mobil semata-mata untuk membuat mobil “terdengar” berbeda. Apa tidak malah mengganggu pengguna jalan lainnya? Bisa-bisa, dapat ‘stempel buruk’ nama Sewa Mobil Surabaya ini. Yah kembali ke diri kami sendiri, ‘stempel’ tersebut bisa saja akan mencemarkan nama kami sendiri nantinya ^_^

Advertisements